10 alternatif Bisnis rumah tangga yang mudah


Bagi para IRT (Ibu rumah tangga) yang ingin menghasilkan uang tanpa meninggalkan rumah bisa memilih alternatif bisnis rumah tangga yang mudah ini dengan peluang yang pasti mendatangkan uang. Tentunya dengan analisis SWOT (strength, weakness, opportunity, dan treatment) yang tak bisa ditinggalkan dari awal memilih bisnis.

  1. Catering bento

Bisnis ini cocok bagi mereka yang memiliki hobi memasak. Kenapa catering ini mudah? Karena menu bento lebih mengedepankan tampilan makanan dari pada variasi makanan dalam hal rasa (meskipun bisa juga). Sasarannya pasti lebih ke dunia anak. Artinya dalam hal porsi pasti tidak sebanyak porsi orang dewasa. Sasaran acara dari bisnis ini adalah acara ulang tahun anak-anak, ataupun catering untuk anak-anak sekolah.

  1. Catering kue basah

Baik dalam bentuk catering atau berjualan kue basah adalah usaha yang mudah juga. Waktu produksinya lebih cocok antara pagi dan sore hari. Pagi biasanya banyak orang ingin mengisi perutnya tanpa makan dan memilih makan kue karena lebih praktis. Pembuat kue hanya butuh mendistribusikan pada toko-toko kue basah yang ada di sekitarnya ataupun bisa membuka lapak sendiri di rumah.

  1. Aneka olahan cokelat

Usaha ini juga mudah, tidak harus setiap hari produksi. Bisa tiga hari sekali atau sesukanya dalam memproduksi. Pelaku bisnis ini dapat banyak berkreasi dengan olahan berbahan cokelat. Paling mudah membuat cokelat tusuk dengan berbagai bentuk cetakan yang lucu (hello kity, etc) dengan menggunakan perpaduan cokelat rasa untuk memenuhi kebutuhan warna dan model dalam cetakan. Lalu kemas yang cantik. Anak-anak pasti suka.

  1. Bisnis kue kering

Bisnis ini mungkin kondisional, hanya dalam momen-momen tertentu, missal lebaran dan natal. Tapi tidak masalah, yang namanya bisnis rumah tangga itu memang bebas. Tak terikat waktu produksi. Sekali momen omzetnya langsung setara dengan omzet setahun. Lumayan juga kan.

  1. Asesoris Handmade

Bisa digali sendiri tentang asesoris ini. Yang jelas seseorang masih bisa dengan meudah mengeksplor dunia handmade. Tinggal pergi ke toko buku, cari kategori buku-buku yang menyediakan tutorial handmade dari berbagai asesoris. Lalu pilih buku yang sepertinya mampu dilakukan nanti ketika di rumah.

  1. Catering bubur bayi

Berapa banyak bunda yang harus meninggalkan bayinya di pagi hari untuk urusan dinas. Pastinya catering bubur sehat bayi ini dapat menjadi alternatif bisnis bagi bunda lain yang memiliki kemampuan membuat bubur bayi sehat ini. Tinggal lakukan packing yang layak dan standart.

  1. Jasa bimbel

Jasa ini memang sudah menjamur, tetapi masih terus juga dibutuhkan. Karena semakin hari banyak orang tua yang lebih memilih sibuk mencari nafkah untuk keluarga dan menyerahkan pendidikan anak-anak nya ke lembaga-lembaga belajar. Tak perlu besar, buat aja di depan rumah. Ada 10 siswa saja sudah lumayan.

  1. Produsen frozen food

Memang produk frozen food yang sudah jadi sudah banyak dan bahkan diproduksi oleh perusahaan-perusahaan besar. So, why not? Seseorang masih bisa berkreasi di sini dengan menawarkan hal lain yang inovatif yang tidak ditawarkan oleh produk lain. Misal nudget tanpa pengawet dan MSG. Nah jenis makanan seperti ini masih sulit ditemui dipasaran.

  1. Jasa penulis artikel

Ini juga sedang nge-trend. Banyak pelaku internet yang membutuhkan penulis artikel untuk memenuhi website nya agar banyak pengunjung di website tersebut. Biasanya tiap artikel akan dihargai dengan beragam harga sesuai nego antara kedua pihak. Pihak pemesan biasanya meminta tema khusus dari artikel-artikel yang diinginkan. Misalnya pesan 100 artikel tentang kesehatan. Bagi yang hobi banget menulis artikel, kenapa tidak mengambil peluang bisnis ini. Jasa penulis artikel tanpa copas.

  1. Jasa translator

Bisnis ini tentu membutuhkan skill inteligensi dan pendidikan khusus berupa kemampuan bahasa. Namun peluangnya di era ini juga sedang melangit. Tinggal strategi promosinya yang harus digencarkan kepada khalayak umum.

Terakhir, seseorang bisa mencari tutorial apapun di internet (youtube etc). Intinya semua yang berhubungan dengan bisnis rumah tangga ini bisa dilakukan fleksibel dari rumah. J

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s