The Science of Happy Marriage


The Science of Happy Marriage

Mengapa perlu belajar “The Science of Happy Marriage”?

Kebanyakan nasehat perkawinan hanya berupa opini atau sharing pengalaman pribadi, bukan berdasarkan bukti2 ilmiah. Nasehat perkawinan yg bersumber dari Agama (Ayat2 Qouliyah) sudah seharusnya diikuti oleh pemeluknya. Dan alangkah baiknya jika diperkaya dengan hasil2 penemuan ilmiah (Ayat2 Kauniyah) yang bersifat universal & evidence based (berdasarkan bukti2 nyata)

“The Science of Happy Marriage” adalah saran2 untuk memperkuat & memperindah hubungan suami istri yg didasarkan penelitian selama lebih dari 30 tahun bersama lebih dari 3000 pasangan (dalam penelitian untuk memprediksi terjadinya perceraian). Ditambah penelitian lebih dari 10 tahun bersama 4000 pasangan (dalam penelitian untuk mencegah perceraian & terapi pernikahan). Telah dipraktikkan oleh lebih dari 14.000 Terapis di seluruh dunia. Saya mengikuti training sebagai terapis ini dengan John & Julie Gottman pada bulan Juni 2013 di Tampa, Florida.

Menurut penelitian Lois Verbugge & James House dari University of Michigan, “Pernikahan yang tidak bahagia membuat umur kita lebih pendek 4 tahun dan 35% lebih mudah sakit”. Paling tidak di Amerika, kemungkinan terjadinya perceraian pada pernikahan pertama dalam rentang 40 tahun adalah 67%. Separonya terjadi pada tahun ke-7 pernikahan. Untuk pernikahan kedua, kemungkinannya meningkat 10%. Di Indonesia saya belum memiliki datanya, tapi semakin hari kecenderungannya makin mengarah kesana. Semoga training ini bisa mencegah fenomena ini.

Pernikahan yg bahagia akan membuat kekebalan tubuh kita meningkat (sel darah putih lebih baik, sel pembunuh tumor lebih efektif). Jika kita luangkan waktu 1/3 dari waktu olah raga kita (katakanlah 20 menit sehari) untuk melatih “otot pernikahan positif” maka manfaat kesehatannya 3x lipat dibanding Fitness 1 jam/hari.

Kesimpulannya, pernikahan yang tidak bahagia bisa menjadi sumber penderitaan batin, penyakit kronis, bahkan kerusakan sosial. Sedangkan pernikahan yang bahagia membuat kita hidup lebih sehat, panjang umur dan ikut serta membangun peradaban yang indah.

Sumber: Dari page FB-nya Pak Ahmad Faiz Zainuddin https://www.facebook.com/faizseft

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s